ORGANISASI
DAN PENGALAMAN BERORGANISASI
A. TEORI
Sering
sekali kita mendengar bahwa manusia adalah mahluk sosial, yaitu mahluk yang
cenderung hidup bermasyarakat, melakukan segala kegiatan bersama-sama untuk
mencapai suatu tujuan. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut manusia harus
saling bekerja sama agar apa yang menjadi tujuan mereka dapaT tercapai. Hal
inilah yang mendasari manusia untuk berorganisasi.
B. FUNGSI ORGANISASI
1.
Planning (perencanaan)
Perencanaan dalam organisasi yang disusun oleh pengelola organisasi, seperti rencana kerja atau kegiatan serta anggaran yang diperlukan, teknis pelaksanaannya bisa melalui rapat-rapat, seperti :
Perencanaan dalam organisasi yang disusun oleh pengelola organisasi, seperti rencana kerja atau kegiatan serta anggaran yang diperlukan, teknis pelaksanaannya bisa melalui rapat-rapat, seperti :
>>
Rapat Kerja (pengurus organisasi)
yang membicarakan rencana-rencana kerja pengurus serta kegiatan anggota yang
akan dilakukan dengan satu atau lebih target yang akan dicapai.
>> Rapat Anggaran, untuk
menentukan berapa jumlah anggaran yang diperlukan untuk mendukung kerja
organisasi atau untuk suatu event / kegiatan (wujudnya daftar RKA) atau
proposal kegiatan.
2.
Organizing (pengaturan)
Dalam hal pengaturan, unsur yang perlu diperhatikan & diwujudkan adalah :
Harus diatur dan ditata dengan baik administrasi organisasi, seperti surat masuk, surat keluar, laporan-laporan, proposal keluar, data anggota, AD/ART, GBHK, presensi, hasil rapat, inventarisasi yang dimiliki, perangkat yang dipinjam dll.
Dalam hal pengaturan, unsur yang perlu diperhatikan & diwujudkan adalah :
Harus diatur dan ditata dengan baik administrasi organisasi, seperti surat masuk, surat keluar, laporan-laporan, proposal keluar, data anggota, AD/ART, GBHK, presensi, hasil rapat, inventarisasi yang dimiliki, perangkat yang dipinjam dll.
>>
Struktur Organisasi yang mampu menunjukkan bagaimana hubungan (relationship)
antara organisasi/bagian/seksi yang satu dengan yang lain.
>> Job Description yang jelas yang mampu menjelaskan tugas
masing-masing bagian.
>> Bentuk Koordinasi antar bagian dalam organisasi (misal. Rapat Koordinasi antar
bagian, Rapat Pimpinan antar Organisasi, dll)
>> Penataan dan Pendataan Arsip & Inventaris Organisasi
3.
Accounting (pelaporan)
Pelaporan merupakan unsur wajib yang harus dilakukan untuk menunjukkan sikap & rasa tanggung jawab dari pengurus kepada anggotanya ataupun kepada struktur yang berada diatasnya. Wujud kongkritnya adalah :
Pelaporan merupakan unsur wajib yang harus dilakukan untuk menunjukkan sikap & rasa tanggung jawab dari pengurus kepada anggotanya ataupun kepada struktur yang berada diatasnya. Wujud kongkritnya adalah :
Progress
Report (Laporan Pengembangan Kegiatan)atau Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) kegiatan.
4.
Controling (pengawasan)
Selain ketiga fungsi diatas, tugas organisasi ataupun pimpinan organisasi yang tidak boleh terlewatkan adalah melakukan pengawasan terhadap aktifitas organisasi ataupun realisasi kegiatan dan penggunaan anggaran.
Selain ketiga fungsi diatas, tugas organisasi ataupun pimpinan organisasi yang tidak boleh terlewatkan adalah melakukan pengawasan terhadap aktifitas organisasi ataupun realisasi kegiatan dan penggunaan anggaran.
C.
PENGALAMAN
BERORGANISASI
Pengalaman
berorganisasi saya mungkin bisa dikatakan dimulai sejak saya duduk dibangku
SMA. Saat itu saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler (singkatan : ekskul)
Palang Merah Remaja atau yang sering kita dengar dengan sebutan PMR. Saya
sangat tertarik mengikuti ekstrakurikuler tersebut karena diawali pada saat
kegiatan demo ekskul disekolah yang diikuti semua ekskul pada saat MOS (Masa
Orientasi Siswa). Termasuk PMR, ekskul yang menjadi salah satu ekstrakurikuler
terbaik karena menyumbangkan banyak piala untuk sekolah ini menurut saya
menampilkan demo yang sangat menarik, lucu, kreatif, juga tidak membosankan.
Hal inilah yang
menjadi penyebab saya untuk bergabung menjadi anggota PMR. Namun, yang menjadi
perhatian dalam kegiatan ekskul ini adalah selain mendapatkan teman baru, juga
mendapatkan banyak pengalaman. Dan pengalaman terpenting yang saya dapatkan
selama saya mengikuti ekskul ini adalah BERORGANISASI.
Selama menjadi anggota
dan pengurus, saya terpilih menjadi bagian publikasi. Dibagian publikasi saya
bertugas memberikan berbagai informasi mengenai PMR, seperti informasi
kesehatan, hal-hal ter-up to date, prestasi
yang telah dicapai, karya-karya yang telah dihasilkan para anggota (seperti
puisi, gambar, dll.), segala kegiatan baik itu lomba maupun acara-acara besar
yang kami adakan pun tak terlewatkan kami informasikan demi kepentingan dan
tugas yang harus saya dan teman-teman selesaikan. Kami harus menjalankan tugas
kami menyelesaikan ART (Anggaran Rumah Tangga) yang pada akhir kepengurusan
akan dipertanggung jawabkan.
Selain menjalankan
tugas utama saya sebagai anggota publikasi, selama menjadi anggota PMR kami
banyak mengadakan acara, dimana saya dan teman-teman bergantian dalam menjadi
panitia pengurus. Mengadakan rapat untuk
memilih panitia, menentukan anggaran dan lain-lain.
Pada saat acara
pelatikan WIRA 1 saya ditunjuk menjadi bendahara, yang bertugas mengumpulkan
dana, menyimpan, dan mengelola keuangan sebagai amanah untuk segala keperluan
acara pelantikan tersebut. Selama menjadi bendahara saya dituntut oleh diri
saya sendiri agar bertugas sebagaimana seharusnya, tidak boleh ada uang yang
hilang, tidak boleh menggunakan uang diluar kepentingan pelantikan, juga pengeluaran
tidak boleh lebih besar daripada pendapatan. Walaupun saya sibuk bertugas
menjadi bendahara bukan berarti saya egois atau tidak peduli dengan tugas kawan
yang lain. Dalam arti sayapun harus siap membantu teman yang membutuhkan
bantuan, karena kita berada dalam satu organisasi, satu kesatuan yang harus
saling mendukung.
Selain menjadi
bendahara, saya pernah menjadi seksi acara dalam berbagai kegiatan seperti
acara Perlombaan CAKAP (Cipta Karya Palamarta) tingkat wilayah II dengan
mengundang berbagai sekolah dari SMP (Madya) hingga SMA (Wira), juga Pelantikan
Calon Anggota Baru (Pelantikan Caang). Menjadi seksi acara saya bertugas
menyusun dan membuat acara yang sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati bersama,
harus tersusun dan terkonsep dengan jelas, dan acara yang dijalankan harus
sesuai dengan yang direcanakan.
Setelah menjalani berbagai
tugas, ada tugas akhir yang merupakan tugas terpenting selama saya
berorganisasi, yaitu membuat Laporan Pertanggung Jawaban atau yang biasa
disingkat dengan LPJ. Walaupun saya telah mengikuti berbagai kepanitiaan dengan
berbagai tugas dan jabatan, namun karena jabatan saya pada awalnya adalah seksi
publikasi. Dengan membuat Laporan Pertanggung Jawaban saya bisa mengukur dan
mengevaluasi pekerjaan yang telah saya jalankan selama berorganisasi. Dan dapat
menjadi pelajaran bagi adik-adik penerus saya berikutnya.
Itulah beberapa pengalaman
yang saya dapatkan selama berorganisasi. Apapun tugas yang saya dapatkan, saya
harus siap menjalankannya. Karena bagaimanapun, organisasi dapat diibaratkan
keluarga, satu kesatuan yang memiliki suatu tujuan demi kebaikan bersama.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar