Senin, 27 Juni 2016

MEMBUAT SEQUENCE DIAGRAM MENGGUNAKAN SOFTWARE "STAR UML"



UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah bahasa untuk menetukan, visualisasi, kontruksi, dan mendokumentasikan artifact (bagian dari informasi yang digunakan atau dihasilkan dalam suatu proses pembuatan perangkat lunak. Artifact dapat berupa model, deskripsi atau perangkat lunak) dari system perangkat lunak, seperti pada pemodelan bisnis dan system non perangkat lunak lainnya.
Star UML mendukung UML (Unified Modeling Language). Berdasarkan pada UML version 1.4 dan dilengkapi 11 macam diagram yang berbeda, selanjutnya mendukung notasi UML 2.0 dan juga mendukung pendekatan MDA (Model DrivenArchitecture) dengan dukungan konsep UML. StarUML dapat memaksimalkan pruduktivitas dan kualitas dari suatu software project.

Berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana proses jalannya aplikasi pada Penulisan Ilmiah menggunakan Sequence Diagram pada software StarUML :

  1.  Buka Aplikasi StarUML dan jika aplikasi sudah terbuka muncul tampilan New Project By Approach lalu pilih Default Approach dan klik OK seperti pada gambar berikut : 
  2. Setelah itu, pada area project  bagian pojok kanan atas terdapat jendela Model Explorer, pilih useCaseModel dan klik kanan, pilih add diagram dan geser kursor kesamping lalu pilih Sequence Diagram
  3. Sebelum memulai aktifitas membuat diagram, terlebih dahulu untuk mengetahui fungsi-fungsi dari tools yang disediakan oleh sequence diagram ini.
    Tools dan Fungsinya:
    • Select              :  untuk kembali ke layar/halaman kerja. 
    • Object             :  untuk membuat objek. 
    • Stimulus          :  digunakan sebagai penunjuk aliran informasi.
  4. Langkah pertama yaitu membuat komponen-komponen dari yang telah dijelaskan diatas, pertama yaitu membuat komponen objek. Dalam penulisan yang dibuat, saya menggunakan 3 buah objek yaitu User, Aplikasi, dan Marker. Masing-masing dari ke tiga objek tersebut saling berkaitan dan memiliki peran dalam hal jalannya aplikasi. 
  5.  Setelah itu membuat komponen objek lalu mulai membuat aliran informasi/proses dengan menggunakan tools Stimulus lalu memberikan nama pada setiap tahap alir proses.
  6. Kemudian beri stimulus hingga pada proses akhir secara berurutan dan memberikan keterangan dari masing-masing proses.
  7. Maksud alur logika dari diagram diatas adalah merupakan gambaran proses jalannya aplikasi untuk Penulisan Ilmiah Augmented Reality yang dibuat dengan diagram sequensial dimana aplikasi ini memerlukan 3 buah objek yaitu user, Aplikasi dan Marker. Langkah pertama adalah user mulai membuka aplikasi, setelah aplikai dibuka maka user akan dihadapkan dengan sebuah menu, kemudian user memilih menu yang di inginkan. Langkah berikutnya yaitu user memasang marker dan aplikasi melakukan pendeteksian marker. Apabila marker telah berhasil terdeteksi, maka melalui marker tersebut objek dari aplikasi yang dibuat tersebut akan muncul. Terakhir, jika user telah selesai menggunakan aplikasi maka user akan menutup aplikasi tersebut dan aplikasi akan tertutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar