UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah bahasa
untuk menetukan, visualisasi, kontruksi, dan mendokumentasikan artifact (bagian
dari informasi yang digunakan atau dihasilkan dalam suatu proses pembuatan
perangkat lunak. Artifact dapat berupa model, deskripsi atau perangkat lunak)
dari system perangkat lunak, seperti pada pemodelan bisnis dan system non
perangkat lunak lainnya.
Star UML mendukung UML (Unified Modeling
Language). Berdasarkan pada UML version 1.4 dan dilengkapi 11 macam
diagram yang berbeda, selanjutnya mendukung notasi UML 2.0 dan juga
mendukung pendekatan MDA (Model DrivenArchitecture) dengan dukungan konsep UML.
StarUML dapat memaksimalkan pruduktivitas dan kualitas dari suatu software
project.
Berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana proses jalannya
aplikasi pada Penulisan Ilmiah menggunakan Sequence Diagram pada software StarUML :
- Buka
Aplikasi StarUML dan jika aplikasi sudah terbuka muncul
tampilan New Project By Approach lalu pilih Default Approach dan klik OK
seperti pada gambar berikut :
- Sebelum memulai aktifitas membuat diagram, terlebih dahulu untuk mengetahui fungsi-fungsi dari tools yang disediakan oleh sequence diagram ini.Tools dan Fungsinya:
- Select : untuk kembali ke layar/halaman kerja.
- Object : untuk membuat objek.
- Stimulus : digunakan sebagai penunjuk aliran informasi.
- Langkah pertama yaitu
membuat komponen-komponen dari yang telah dijelaskan diatas,
pertama yaitu membuat komponen objek. Dalam penulisan yang dibuat, saya
menggunakan 3 buah objek yaitu User, Aplikasi, dan Marker. Masing-masing dari
ke tiga objek tersebut saling berkaitan dan memiliki peran dalam hal jalannya
aplikasi.
- Setelah itu membuat komponen objek lalu mulai membuat aliran
informasi/proses dengan menggunakan tools Stimulus lalu memberikan nama pada
setiap tahap alir proses.
- Maksud alur logika dari diagram diatas adalah merupakan gambaran proses jalannya aplikasi untuk Penulisan Ilmiah Augmented Reality yang dibuat dengan diagram sequensial dimana aplikasi ini memerlukan 3 buah objek yaitu user, Aplikasi dan Marker. Langkah pertama adalah user mulai membuka aplikasi, setelah aplikai dibuka maka user akan dihadapkan dengan sebuah menu, kemudian user memilih menu yang di inginkan. Langkah berikutnya yaitu user memasang marker dan aplikasi melakukan pendeteksian marker. Apabila marker telah berhasil terdeteksi, maka melalui marker tersebut objek dari aplikasi yang dibuat tersebut akan muncul. Terakhir, jika user telah selesai menggunakan aplikasi maka user akan menutup aplikasi tersebut dan aplikasi akan tertutup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar