Sebelum melakukan upload marker, terlebih dahulu melakukan
desain marker yang akan dijadikan sebagai marker aplikasi AR dengan menggunakan GIMP.
- Buka file gambar yang akan dijadikan marker. Klik File pilih Open kemudian pilih lokasi penyimpanan file yang akan dijadikan marker.
- Mencari lokasi tempat menyimpan gambar marker
- Setelah gambar berhasil dimasukkan, agar mendapatkan marker yang baik maka menggunakan fitur Filters untuk memberikan texture pada background. Klik Filters è Distorts è Mosaic.
- Kemudian akan muncul tampilan untuk mengatur jenis Tiling primitives, Tile size, dan Tile height. Klik OK.
- Setelah klik OK maka hasil marker akan menjadi seperti pada Gambar berikut.
- Kemudian, menambahkan text. Klik Text pada toolbox untuk memberikan tulisan pada marker, seperti pada Gambar berikut.
- Simpan gambar marker dengan cara, File è Export dan klik Export.
- Untuk dapat menggunakan marker, maka upload terlebih dahulu gambar marker yang telah dibuat. Upload pada situs https://developer.vuforia.com/ dan pastikan telah login. Jika belum memiliki account dapat melakukan registrasi terlebih dahulu, seperti pada Gambar berikut.
- Setelah mendaftar ke dalam akun tersebut, login dengan alamat email dan password yang sudah dibuat sebelumnya. Pilih tab Develop, lalu pilih Target Manager, klik Device Databases kemudian klik Create Database.
- Setelah membuat database klik Add Target untuk memilih marker yang akan di upload. Maka akan muncul sebuah tab Add New Target, untuk Target Name untuk nama marker. Pilih Type Targetnya Single Image, atur ukuran width = 1000 dan cari marker lalu browse, seperti pada Gambar berikut.
- Setelah itu muncul kualitas dari marker kemudian unduh marker tersebut dengan cara memilih marker yang akan diunduh kemudian mengklik Download Dataset, setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut, pilih Unity Editor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar