Langkah-langkah pembuatan objek Kepompong:
- Jalankan software Blender 2.67b
- Untuk membuat objek kepompong, caranya klik Add pada Menu bar, kemudian pilih Mesh dan klik UV Sphere.
- Kemudian tekan tombol S+Z untuk mengubah bentuk objek mejadi lebih memanjang keatas. Setelah itu pindah ke edit mode lalu select objek bagian atas dan tekan tombol S lalu tarik garis kearah luar sehingga bentuk objek menjadi seperti pada Gambar berikut.
- Atur bentuk objek sedemikian hingga dengan mengatur titik-titik yang ada, sehingga bentuk objek menyerupai kepompong. Kemudian memberi warna pada objek seperti pada Gambar berikut.
- Setelah membuat objek kepompong dan menyimpannya, maka buka file tangkai daun lalu masukkan objek ulat. Posisikan ulat di atas tangkai dan membuat kembali pose-pose pergerakan ulat dengan cara seperti sebelumnya hingga ulat menggantung dibawah tangkai daun untuk mempersiapkan diri berubah menjadi Kepompong.
- Setelah itu masukkan file Kepompong yang sudah dibuat. Posisikan kepompong tersebut menjadi berada didalam tubuh ulat. Scale kepompong sekecil mungkin, sehingga tidak akan terlihat ketika di render. Animasikan Kepompong dengan menggunakan perintah Scale, sehingga saat animasi dijalankan objek Kepompong akan menutupi seluruh tubuh ulat, seperti pada Gambar berikut.
- Simpan menjadi nama file baru dengan nama ulat-kepompong.blend
Tidak ada komentar:
Posting Komentar