Jumat, 01 April 2016

Cara Membuatan Objek dan Animasi Ulat

Langkah-langkah pembuatan objek dan animasi Ulat:
  1.  Jalankan software Blender 2.67b 
  2. Untuk membuat objek ulat, caranya klik Add pada Menu bar, kemudian  pilih Mesh dan pilih Cube.
  3. Jika sudah menambahkan objek Cube maka extrude atau perbanyak Cube dengan menekan tombol E, sehingga berjumlah lima buah. Pada masing-masing garis yang baru ditambahkan, tambahkan kembali dua garis dengan cara menekan tombol Ctrl + R lalu tekan tombol S untuk Scale garis sehingga menjorok kedalam.
  4. Subdivide objek dengan Number of Cuts sebanyak 3. Kemudian klik tombol Smooth Vertex sebanyak 3 kali dan klik tombol Smooth dan tampilan objek ulat terlihat lebih halus.
  5. Untuk dapat menggerakkan tubuh ulat maka penulis menambahkan tulang pada setiap bagian tubuh ulat dengan cara klik Add pada menu bar è Armature è Single Bone.
  6. Setelah menambahkan tulang, tekan tombol Ctrl + P è With Automatic Weights.
  7. Agar terlihat lebih nyata, maka penulis menambahkan objek kepala dan objek seperti antena, selain itu penulis juga menambahkan texture pada objek ulat dengan menambahkan gambar berwarna untuk objek ulat.
  8. Setelah diberi tulang dan dapat digerakkan, lalu diberi tekstur. Maka render objek ulat sehingga hasil seperti pada gambar berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar