Langkah-langkah
pembuatan objek dan animasi Ulat:
- Jalankan software Blender 2.67b
- Untuk membuat objek ulat, caranya klik Add pada Menu bar, kemudian pilih Mesh dan pilih Cube.
- Jika sudah menambahkan objek Cube maka extrude atau perbanyak Cube dengan menekan tombol E, sehingga berjumlah lima buah. Pada masing-masing garis yang baru ditambahkan, tambahkan kembali dua garis dengan cara menekan tombol Ctrl + R lalu tekan tombol S untuk Scale garis sehingga menjorok kedalam.
- Subdivide objek dengan Number of Cuts sebanyak 3. Kemudian klik tombol Smooth Vertex sebanyak 3 kali dan klik tombol Smooth dan tampilan objek ulat terlihat lebih halus.
- Untuk dapat menggerakkan tubuh ulat maka penulis menambahkan tulang pada setiap bagian tubuh ulat dengan cara klik Add pada menu bar è Armature è Single Bone.
- Setelah menambahkan tulang, tekan tombol Ctrl + P è With Automatic Weights.
- Agar terlihat lebih nyata, maka penulis menambahkan objek kepala dan objek seperti antena, selain itu penulis juga menambahkan texture pada objek ulat dengan menambahkan gambar berwarna untuk objek ulat.
- Setelah diberi tulang dan dapat digerakkan, lalu diberi tekstur. Maka render objek ulat sehingga hasil seperti pada gambar berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar