Jumat, 01 April 2016

Cara Membuatan Objek Tiga Dimensi Tangkai dan Daun Menggunakan Blender 2.67b

Langkah-langkah pembuatan objek Tangkai dan Daun:
  1. Jalankan software Blender 2.67b 
  2. Untuk membuat objek tangkai dan daun, caranya klik Add pada Menu bar, kemudian  pilih Curve dan klik Bezier
  3. Klik Tab untuk pindah ke edit mode. Atur posisi handle yang berbentuk garis berwarna merah muda, kemudian menekan E untuk Extrude atau menambah jumlah Bezier menjadi bercabang. Kemudian disebelah kanan atas klik tab object data untuk mengubah bagian Fill menjadi Full dan bagian Bevel ubah menjadi sebesar 0.0648. Lalu atur besar kedua ujung bagian Bezier dengan menekan Alt + S sehingga menjadi lebih runcing. 
  4. Klik Tab untuk pindah ke object mode. Tekan Alt + C lalu pilih Mesh from Curve. Atur kembali objek sehingga mirip dengan tangkai.
  5. Tambahkan jumlah jendela objek sehingga menjadi tiga bagian. Bagian kanan atas ubah tampilan menjadi UV/Image Editor, dan kanan bawah menjadi Node Editor. Sehingga tampilan menjadi seperti pada Gambar berikut.
  6. Klik tab untuk pindah ke edit mode. Tekan Alt + klik garis pada salah satu sisi cabang, lalu tekan E dan pilih Mark Seem. Mengulangi langkah tersebut pada sisi cabang yang lain.
  7. Ubah tampilan ke Wireframe Mode, klik salah satu ujung cabang tekan Alt + M dan pilih At Center, ulangi langkah tersebut pada sisi cabang yang lain.
  8. Select semua objek dengan menekan tombol A, lalu tekan U dan pilih Unwrap. Maka, hasil Unwrap muncul pada bagian kanan atas. Kemudian klik image dan pilih New Image dan ubah View menjadi Paint.
  9. Pada bagian Texture klik new, klik show brush texture dan pilih image or movie. Tambahkan gambar untuk tekstur tangkai dengan menekan open image lalu memilih gambar mana yang akan dijadikan texture.
  10. Setelah memilih gambar, ubah radius menjadi 400. Lalu warnai hasil unwrap yang ada pada bagian kanan atas. Setelah diwarnai simpan gambar dengan memilih Pack As PNG.
  11. Pilih Add new material. Maka akan muncul tampilan material pada kanan bawah, seperti pada Gambar berikut. 
  12. Masih dalam tab material, pada bagian color ubah menjadi Image Texture. Ubah gambar menjadi gambar dari hasil unwrap yang telah disimpan sebelumya.
  13. Langkah berikutnya adalah membuat tekstur tangkai menjadi lebih kasar. Pilih tab Object Modifiers, klik Add Modifiers pilih Multiresolution. Setelah itu klik subdivide, ubah Preview, Sculpt, dan Render menjadi 3. Kemudian klik Add Modifiers pilih Displace.
  14. Klik new texture, ubah type menjadi image or movie. Mengganti gambar menjadi gambar yang telah di unwrap sebelumnya. Lalu kembali ke tab Object Modifiers dan ubah Texture Coordinates menjadi UV, ubah Strength menjadi 0.0232 lalu klik subdivide.
  15. Pada bagian node editor, drag Color ke Displacement. Tekan Shift + A pilih Converter lalu pilih Math. Kemudian drag color ke Value dan ubah mejadi Multiply.
  16. Langkah berikutnya adalah membuat daun. Pertama tekan Shift + A, lalu Mesh dan Plane. Tekan Ctrl + R untuk menambah 5 garis, tekan tombol U dan pilih Project from View. Tambahkan gambar daun yang akan digunakan sebagai tekstur daun dengan open image. Klik new material, lalu pada node editor hapus Diffuse BSDF. Lalu, pada bagian surface ­ubah menjadi Transparent BSDF dan potong Links
  17. Tekan Shift + A lalu pilih Shader dan Mix Shader, kemudian tambahkan kembali Input lalu Texture Coordinate, tambahkan Texture lalu Image Texture. Setelah itu ubah surface menjadi Diffuse BSDF dan potong Links kembali.
  18. Tekan Shift + A kembali untuk menambahkan material dengan memilih Converter lalu Math dan ubah menjadi Multiply. Ubah Transparent BSDF menjadi warna putih dan nol untuk bagian A. Dan mengubah pada Image Texture menjadi nama file gambar daun yang telah di pilih sebelumnya. Setelah itu hubungkan semua Links sehingga menjadi seperti pada Gambar berikut.
  19. Ubah objek plane menjadi Edge Select. Pilih Edge yang merupakan posisi tangkai daun. Lalu tekan Shift + S dan pilih Cursor to Selected. Setelah itu pada bagian Origin yang terletak di sebelah kiri atas, klik Origin dan pilih Origin to 3D Cursor.
  20. Langkah berikutnya adalah kembali ke bagian tangkai dan ubah ke edit mode dan pilih Edge yang akan menjadi tempat tangkai daun dengan menekan Shift + S dan pilih Cursor to Selected, kemudian klik kembali objek plane untuk menekan Shift + S kembali dan pilih Selection to Cursor.
  21. Setelah itu, lakukan render untuk melihat hasil seperti pada gambar berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar